Selasa, 09 Oktober 2012

MPASI : Dengan Metode BLW

Apa itu Metode BLW ?

Metode ini membiarkan bayi makan sendiri sejak dari mulai makan makanan padat pertamanya dan skip periode puree dan langsung memberikan finger food. Orang yang pertama kali mengenalkan metode ini dan menamainya BLW adalah Gill Rapley.

Melalui Baby Led Weaning (BLW), Ibu cukup menghidangkan aneka finger foods di atas piring Si Kecil dan biarkan Si Kecil yang menentukan sendiri makanan yang diingini serta berapa banyak porsinya. Metode ini digunakan dalam masa transisi si kecil dari ASI kepada makanan padat. Namun, ada baiknya setiap kali akan melakukan BLW, proses makan si kecil diawali dengan pemberian ASI atau susu formula. Melakukan BLW “ditemani” susu dilakukan hingga bayi mencapai usia 12 bulan.

Secara teori, bayi dipercaya dapat mendengarkan kebutuhan nutrisi tubuhnya sendiri, sehingga akan memilih jenis makanan yang ia rasa dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kelebihannya, Si Kecil akan lebih cepat bisa makan mandiri, sehingga Ibu tak perlu repot menyuapinya. Si Kecil pun lebih cepat dapat bergabung bersama keluarga untuk duduk makan bersama. Cara makan ini melatih koordinasi gerak motoriknya sehingga membantu si kecil mudah menggunakan peralatan makan. Si Kecil juga mulai belajar mengunyah lebih awal karena melewati tahap makan makanan jenis bubur-buburan.

WHO sangat menyarankan BLW dilakukan setelah usia bayi mencapai enam bulan. Alasannya, di usia ini sistem pencernaan si kecil sudah mampu mencerna makanan padat secara sempurna. Beberapa orang tua khawatir anaknya akan tersedak jika mengikuti metode ini. Namun, berdasarkan penelitian, bayi yang mengikuti metode BLW justru lebih jarang tersedak. Untuk bisa mengunyah bayi mempelajari bagaimana cara menggerakkan otot lidah untuk memindahkan makanan ke depan dan belakang rongga mulut, sehingga mencegah mereka tersedak. (sumber : www.bettermomtoday.com)

Akan Tetapiii???

Mpasi metode BLW tdk dianjurkan WHO utk memulai mpasi. Krn teksturnya yg
padat,tdk diencerkan cenderung membuat 'kaget' pencernaan bayi. Selain
itu,resiko tersedak sgt tinggi.
Memang,dg metode tsb bayi bs memilih sendiri apa yg akan dia makan,belajar bgmn
dia makan. Metode BLW sebenernya br disarankan ketika baby sudah naik
tekstur,kira2 usia 8mo,dg memberi fingerfood.

Metode konvensional dg puree/bubur,dianjurkan krn teksturnya yg encer,memudahkan
pencernaan bayi,meminimalkan resiko sembelit.
Bayi yg mpasi dg metode ini toh bukan berarti nantinya ngga bisa mandiri seperti
bayi yg BLW kan? :)

 Mau pake metode yg mana,balik lg ke ortu.. :) dan penerimaan si kecil tentunya :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar