Rabu, 28 September 2011

Hukum Islam Tentang Syukuran 4 Bulanan atau 7 Bulanan

Berikut ku share tentang forum tanya jawab tentang adakah hukum dalam Islam tentang syukuran 4 bulanan atau 7 bulanan? ku dapat dari forum www.wisatahati.com

Pak Ustadz, saya mau menanyakan masalah syukuran untuk kehamilan.
saya hanya ingin menanyakan ada kah ayat alquran yang mendasari tentang syukuran untuk ibu hamil, kebetulan saya mau menjelaskan kepada mertua saya tentang masalah ini, karena menurut pengetahuan orang tua kandung saya dalam islam tidak mengenal 7 bulanan tetapi 4 bulanan karena itu saat dimana ROH di tiup kan kedalam rahim.

kemarin saya sempat diskusikan dengan mertua saya masalah ini, tetapi beliau masih mau ingin mencari tahu lagi mengenai masalah ini karena mertua saya belum mengetahui tentang syukuran yang 4 bulanan. saya mohon bantuannya untuk di jelaskan mengenai ini dengan dasar2 alquran jika ada atau hadis.

Re: hukum islam ttg syukuran 4 bulanan atau 7 bulanan
by tokodiskon » Thu Apr 28, 2011 9:17 am

dua duanya setau saya juga ngga ada dalam Islam.
hadits tentang ditiupkan ruh memang ada, tapi hadits tentang selamatannya ga ada.

Re: hukum islam ttg syukuran 4 bulanan atau 7 bulanan
by dewi dasuki » Sat Apr 30, 2011 1:00 pm

dalam islam tidak ada 4 bulanan atau 7 bulanan, baik dalam al-qur'an maupun hadist. tidak termasuk sunnah apalagi wajib.
4 bulanan dan 7 bulanan kebiasan adat di indonesia saja, adapun benar usia 4 bulan janin dalan rahim seorang ibu ditiupkan roh oleh malaikat atas perintah Allah. apabila ingin bersyukur dengan banyak2 membaca Qur'an sangat baik. tetapi melakukan ritual dibarengi peribadatan secara berlebihan apalagi sampai membebani malah menjadi haram. mudah2an bermanfaat.

6 komentar:

  1. Dalam nikmat nikmat allah dan kita patut bersyukur dan kalo mngadakan syukuran dan slama itu tidak berlebihan apa salahnya,

    BalasHapus
  2. kl menurut sy, acara 7 bulanan itu pemborosan krn dlm Islam tdk mengenal hal seperti itu..mending dana disimpan buat melahirkan istri, Aqiqah sm biaya si bayi..

    BalasHapus
  3. gitu Aja kok repot.....................

    BalasHapus
  4. bukan repot..., tapi berusaha menjalankan apa 2 sesuai sunah....sehingga tidak menjadi amalan yg sia2...

    BalasHapus
  5. Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:
    لَوْ دُعِيتُ إِلَى كُرَاعٍ لَأَجَبْتُ

    “Seandainya aku diundang untuk jamuan makan sebesar satu satu paha belakang (kambing), pasti akan aku penuhi." (Shohih Bukhori, no.5178)

    Dari sudut pandang ini, acara 7 bulanan hukumnya boleh, bahkan sunat karena termasuk dalam walimah yang bertujuan untuk menampakkan rasa gembira dan syukur akan nikmat Alloh berupa akan lahirnya seorang bayi. Terlebih lagi apabila hidangan tersebut disuguhkan dengan mengundang orang lain dan diniati untuk sedekah sebagai permohonan agar ibu yang mengandung dan bayi yang dikandungnya terhindar dari mara bahaya. Para ulama' menyatakan bahwa hukum sedekah adalah sunat, apalagi jika dilakukan pada saat-saat penting dan genting, seperti pada bulan romadhon, saat terjadi gerhana, saat sakit, dan lain-lain. Dalam satuh hadits diriwayatkan :
    الصَّدَقَةُ تَسُدُّ سَبْعِينَ بَابًا مِنَ السُّوءِ

    "Besedekah itu bisa menutup tujuh puluh macam pintu keburukan". (Mu'jam Kabir Lit-Thobroni, no.4402).

    dalam kajian ini saya paparkan dalil2nya yang mengarah kebolhannya:
    Al Umm, Juz : 6 Hal : 159

    [الوليمة]
    أخبرنا الربيع بن سليمان قال حدثنا الشافعي إملاء قال إتيان دعوة الوليمة حق والوليمة التي تعرف وليمة العرس وكل دعوة كانت على إملاك أو نفاس أو ختان أو حادث سرور دعي إليها رجل فاسم الوليمة

    Nihayatul Mathlab, Juz : 13 Hal : 187

    قال الشافعي: " والوليمة التي تعرف وليمة العرس ... إلى آخره
    أبان أن الوليمة تنطلق على كل مأدبة في إملاك، أو نفاس أو ختان، أو حادث سرور، ولكنها شهرت بما يتخذ في العرس

    Al Bayan, Juz : 9 Hal : 480-481
    ويسمى الطعام الذي يتخذ لسبب وغير سبب: مأدبة بضم الدال، وبفتحها: التأديب، وقال - صلى الله عليه وسلم -: «الجوع مأدبة الله في أرضه». وإنما سمي الطعام الذي يدعى إليه فى العرس وليمة من ولم الزوجين وهو اجتماعهما؛ لأن الولم الجمع، ومنه سمي القيد الولم؛ لأنه يجمع الرجلين. إذا ثبت هذا: فإن وليمة ما عدا العرس لا تجب؛ للإجماع، ولكن تستحب. وقال أحمد - رحمه الله تعالى -: (لا تستحب) ؛ لما روي: أن عثمان بن أبي العاص دعي إلى ختان، فلم يجب إليه وقال: (إنا كنا ندعى إلى الختان في عهد رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ولا نجيب) . ودليلنا: ما روي: أن النبي - صلى الله عليه وسلم - «قال: لو دعيت إلى كراع.. لأجبت، ولو أهدي إلي ذراع أو كراع.. لقبلت» وقال - صلى الله عليه وسلم - «أجيبوا الداعي؛ فإنه ملهوف». ولأن فيه ألفة للقلوب وإظهار لنعم الله سبحانه وتعالى، فكان مستحبا. وأما الخبر: فما نقل فيه عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قول ولا فعل، فلا يكون حجة فيه

    Al Majmu', Juz : 16 Hal : 392
    باب الوليمة والنثر
    الطعام الذى يدعى إليه الناس ستة: الوليمة للعرس، والخرس للولادة، والاعذار للختان، والوكيرة للبناء، والنقيعة لقدوم المسافر، والمأدبة لغير سبب ويستحب ما سوى الوليمة لما فيها من إظهار نعم الله والشكر عليها، واكتساب الاجر والمحبة، ولا تجب، لان الايجاب بالشرع ولم يرد الشرع بإيجابه

    Roudhotut Tholibin, Juz : 2 Hal : 341

    باب صدقة التطوع
    هي مستحبة، وفي شهر رمضان آكد. قلت: وكذا عند الأمور المهمة، وعند الكسوف، والمرض، والسفر، وبمكة، والمدينة، وفي الغزو، والحج، والأوقات الفاضلة، كعشر ذي الحجة، وأيام العيد، ففي كل هذا الموضع آكد من غيرها

    Faidhul Qodhir, Juz : 4 Hal : 236
    الصدقة تسد سبعين بابا من السوء) كذا رأيته بالسين المهملة والهمزة ورأيت في عدة أصول صحيحة بشين معجمة وراء قال المؤلف: الذكر أفضل من الصدقة وهو أيضا يدفع البلاء والظاهر أن المراد بالسبعين التكثير لا التحديد قياسا على نظائره وأن المراد بالباب الوجه والجهة

    Hasyiyah I'anatut Tholibin, Juz : 1 Hal : 313
    وقال ابن حجر في فتح المبين، في شرح قوله (ص): من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد، ما نصه: قال الشافعي رضي الله عنه: ما أحدث وخالف كتابا أو سنة أو إجماعا أو أثرا فهو البدعة الضالة، وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو البدعة المحمودة. والحاصل أن البدع الحسنة متفق على ندبها، وهي ما وافق شيئا مما مر، ولم يلزم من فعله محذور شرعي

    BalasHapus