Rabu, 28 September 2011

Nyeri Pinggang, Panggul, Tulang Ekor saat Hamil

Kebanyakan wanita hamil mengalami pegal dan rasa nyeri di sekitar panggul, yang disebut juga pelvic joint pain. Jumlah keluhan yang semakin meningkat akhir-akhir ini diperkirakan karena semakin banyaknya wanita hamil yang bekerja dengan posisi tubuh yang tidak menunjang secara baik.



Di masa kehamilan, tubuh mengeluarkan hormon relaksin yang memudahkan proses kelahiran bayi nantinya. Hormon relaksin membuat persendian di sekitar jalur persalinan menjadi lebih longgar.

Satu dari 35 wanita hamil akan merasakan sakit di seputar panggul (akibat longgarnya persendian) berlebih. Rasa sakit biasanya mulai terasa sekitar usia kehamilan 18 minggu. Beban rahim yang semakin bertambah menekan jaringan longgar di persendian-persendian seputar panggul. Oleh karena itu, jika terjadi pergerakan sedikit saja, panggul terasa sakit.

Rasa pegal dan nyeri bisa terasa tidak hanya pada pinggang, tapi juga hingga tulang ekor. Gejala awal yang terjadi umumnya terasa di sekitar tulang kemaluan dan selangkangan. Terkadang di bagian pinggang sebelah bawah dan panggul, atau bisa juga pada paha bagian dalam.

Rasa sakit akan bertambah jika Anda berjalan, bergerak, menaiki tangga, naik ke mobil, bahkan saat mengubah posisi tidur. Terkadang ketika Anda berjalan akan terdengar suara sendi-sendi tulang yang beradu.

Karena rasa sakit yang Anda rasakan disebabkan oleh hormon kehamilan, biasanya dokter tidak memberikan obat untuk mengatasinya. Namun jika diperlukan, dokter akan memberikan obat penghilang nyeri yang aman untuk Anda dan janin. Dokter kandungan mungkin akan bekerja sama dengan fisioterapis untuk merawat Anda. Umumnya, Anda akan dianjurkan menggunakan sabuk penyangga perut agar tekanan ke rongga bawah tidak terlalu berat. Sabuk tersebut akan memudahkan Anda berjalan.

Fisioterapis juga akan memberikan latihan untuk menguatkan otot yang menyangga persendian, serta memberi tahu bagaimana sikap tubuh sehari-hari yang tepat untuk mengurangi rasa sakit yang diderita.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit:

1.
Duduklah dengan tegak agar tubuh tersangga dengan baik.
2.
Gunakan sepatu yang nyaman. Tidak berhak tinggi, tidak terlalu sempit sehingga membuat kaki Anda terluka.
3.
Jika Anda duduk bersandar, posisikan penyangga (bantal, gulungan kain tebal, dan sebagainya) di belakang pinggang.
4.
Hindari menggulingkan badan secara mendadak ketika hendak berbaring atau bangun dari tempat tidur.

sumber : www.ibudanbalita.com

1 komentar:

  1. tks artikelnya, bnr bngt emang sakitnyaaa luar biasa...

    BalasHapus