Rabu, 08 Juni 2011

Apa sih PCOS itu??

PCOS (Polycystic Ovaries Syndrom) adalah suatu sindrom yang terjadi karena adanya penumpukan, atau sel-sel telur di dalam indung telur yang berkembang tidak sempurna. 
Yang mana, penderita PCOS ini dapat mempunyai 12 folikel sel telur atau lebih yang semuanya itu tidak berkembang dengan sempurna. 


Pada keadaan normal, ovarium (indung telur) hanya memproduksi sedikit androgen, namun pada penderita PCOS, androgen meningkat sehingga keadaan ini ditandai dengan adanya siklus haid yang tidak teratur, sedikit atau tidak mendapat haid, ditemukannya kista-kista kecil pada indung telur (ovarium polisistik), hirsutisme (tumbuhnya rambut berlebihan), muncul jerawat berlebihan pada wajah dan infertilitas (ketidaksuburan), serta kadang-kadang disertai dengan peningkatan berat badan.



Diduga PCOS disebabkan oleh hormon yg tidak seimbang akibat transfer kimia antara otak dan indung telur. PCOS juga dapat terjadi karena kadar LH (Lutheinizing Hormone) dan insulin terlalu tinggi, sehingga menghasilkan produksi hormon testosteron pada indung telur lebih banyak.
hormon yg berperan
Beberapa hormon yg berperan dalam PCOS
Berdasarkan ilustrasi gambar yg tersedia di atas, dapat diterangkan beberapa hal:
  1. Kelenjar Pituitary pada otak memproduksi hormon LH dan FSH (Follicle Stimulating Hormones).
  2. Setelah memperoleh sinyal dari hormon LH dan FSH, indung telur memproduksi hormon estrogen dan progesteron (hormon sex wanita). Semua wanita normal juga memproduksi hormon androgen testosteron (hormon sex pria) meski dalam jumlah yg sangat sedikit.
  3. Pankreas adalah organ yg memproduksi hormon insulin. Kadar insulin yg cukup tinggi juga dapat menyebabkan indung telur memproduksi lebih banyak lagi hormon testosteron dan itu dapat berpengaruh terhadap hormon estrogen dan progesteron.
Bagi penderita PCOS dan ingin hamil, jangan berkecil hati. Pengobatan awal adalah diet dan olahraga teratur terutama jalan kaki atau berlari untuk mengurangi berat badan dan merangsang reseptor insulin agar tidak terlalu resisten terhadap insulin sehingga kadar insulin dapat lebih terkendali. Perbanyak juga makan berserat seperti sayur dan buah (ini syarat untuk penderita PCOS atau jenis kista-kista lain), hindari makanan berlemak, makanan berkolesterol, makanan yang digoreng, junk food, juga makanan yang diproses dengan pembakaran (karena oksidannya yang berwarna hitam akibat proses pembakaran = gosong, dapat memicu radikal bebas dan kanker). Hindari menjadi perokok aktif dan pasif.
Obat2 yang biasa diberikan kepada penderita PCOS adalah: Pil KB (i.e: Diane) untuk mengatur haid, Metformin (obat diabetes meski tidak terdeteksi diabetes kadang diberikan kepada pasien suspect PCOS), obat penyubur jika ingin hamil (i.e: profertil) dengan dosis rekomendasi.
Menurut salah satu Dokter SpOG, PCOS memang merupakan salah satu penyebab infertilitas pada wanita namun, dengan pengobatan yang intensif, kesuburan dan kehamilan dapat diperoleh kembali. Jangan lupa, biasakan pola makan sehat dan olah raga teratur.
demikian sekilas info ttg PCOS, semoga bermanfaat!
diambil dari berbagai sumber* (http://shella.blog.uns.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar