Senin, 06 Juni 2011

Khasiat Semangka untuk kesuburan

Semangka...Hmmmm...Ternyata khasiat semangka ada juga manfaatnya untuk kesuburan, terutama untuk sang suami... makanya lumayan rajin sih beli semangka, walaupun belum tau suami ada apa ga kelainan di morfologi sp**ma nya, tapi yah mending mencegah kan daripada mengobati..

Well, berikut artikel khasiat semangka...

SSifat dan Khasiat

Kulit buah dan dagingnya yang rasanya manis, sifatnya dingin, berhubungan ke meridian jantung, lambung dan kandung kemih. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh saat cuaca panas, peluruh kencing (diuretic), anti radang, pelumas usus, danmenghilangkan haus.

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka didunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare dan mudah marah. Buah atau jusnya meringankan gejala-gejala tersebut, meningkatkan keluarnya urin, dan membersihkan ginjal. Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing, menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.


Efek Farmakologis

*Mengkonsumsi semangka yang isinya mempunyai kadar likopen cukup tinggi mengurangi resiko terkena kanker prostate.


*Pada Percobaan yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi pada 30 orang pria tak subur berusia 23-45 tahun yang diberi 20 mg likopen 2 kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 di antaranya berhasil menghamili istrinya.


*
Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitroksida, yang berperan pada kemampuan ereksi pria. Sitrulin mudah disera tubuh sehingga konsemtrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai.



Sumber : Setiawan Dalimartha, Atlas Tumbuhan Obat Tradisional Jilid 3, Puspa Swara 2003. Diketik ulang dari Majalah Nikah Vol. 3 No. 5 Agustus 2004, Hal 16-17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar