Rabu, 15 Juni 2011

Pelepasan Sel Telur Wanita

Terkadang, kita selalu bertanya-tanya ya, padahal kan wanita itu mempunyai 2 sel telur, yaitu kiri dan kanan, tapi mengapa masih banyak perempuan yang sulit untuk memiliki momongan padahal mempunyai 2 ovarium.

Nah, berikut jawabannya dari dokter di layanan e-konsultasi dari klikdokter :

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.
Memang benar bawah setiap wanita mempunyai dua buah ovarium, namun saat terjadi ovulasi (proses pelepasan sel telur yang telah matang dari ovarium) hanya akan ada 1 sel telur yang matang dan dilepaskan secara bergantian dari ovarium sebelah kiri dan kanan. Meskipun pada keadaan tertentu atau akibat pemberian obat tertentu dapat menyebabkan ovarium mengeluarkan lebih dari 1 sel telur saat ovulasi, dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kehamilan multipel (kembar).
Meskipun mempunyai dua buah ovarium namun tidak semua wanita mampu mengeluarkan sel telur setiap bulannya. Proses dikeluarkannya sel telur dari ovarium merupakan suatu proses kompleks yang dipengaruhi oleh kerja hormon-hormon reproduksi di dalam tubuh. Adanya ketidakseimbangan jumlah hormon reproduksi tersebut dapat menghambat terjadinya proses ovulasi setiap bulan. Disamping akibat kegagalan ovulasi, terdapat banyak faktor lain yang menyebabkan seseorang sulit untuk mendapatkan keturunan, antara lain:
  1. Adanya perlengketan pada tuba falopii (saluran telur) sehingga sel telur yang dikeluarkan oleh ovarium tidak dapat bertemu sperma
  2. Adanya gangguan pada dinding rahim sehingga hasil pembuahan tidak dapat melekat dengan baik pada dinding rahim
  3. Adanya gangguan pada jumlah dan kualitas sperma sehingga sperma sulit untuk bertemu sel telur
  4. Melakukan hubungan seksual bukan pada waktu yang tepat, yaitu bukan pada masa subur, masa dimana sel telur dilepaskan dari ovarium dan hanya bertahan selama 24 jam setelah dilepaskan.
  5. dll
Karena itu, tidak semua wanita dengan dua buah ovarium mampu mendapatkan keturunan dengan mudah, terlebih jika hanya memiliki satu ovarium. Segeralah berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan anda jika anda telah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi selama  1 tahun namun tidak kunjung mendapatkan keturunan, karena mungkin terdapat gangguan pada organ reproduksi anda ataupun pasangan yang melatar belakangi terjadinya hal tersebut.
Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)
Salam,
(Redaksi Klikdokter)

sumber : http://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2010/02/16/7982/pelepasan-sel-telur-wanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar