Senin, 06 Juni 2011

Selalu Bersyukur..Say Alhamdulillah..=)

Bersyukur dan selalu bersyukur...Ya..itu kata yang akhir-akhir ini aq dan my hubby dengungkan di segala waktu...Bersyukur...Alhamdulillah.. =)
Karena dengan bersyukur, kita sangat mensyukuri nikmat yang Allah berikan, dan semakin ditambah nikmatnya oleh Allah SWT..itu yang kami rasakan..  dan juga dengan bersyukur, hati kita merasa tentram dan bahagia dan mensyukuri apa yang ada. sebaliknya jika kita kurang bersyukur, malah akan membebani kita dan perasaan kurang tenang selau hinggap dipikiran kita.
Andai saja kita mencoba untuk menghitung anugerah dan kenikmatan yang diberikan Allah, tentu kita akan kehabisan angka dan usaha, karena nikmat dan anugerah Allah itu tak terhingga banyaknya. Sebagaimana yang disitir Al-Qur'an dalam surat An-Nahl : 18, "Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya."
Sebenarnya apa arti kata “syukur” itu? Kata syukur adalah kata yang berasal dari bahasa Arab. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “rasa terima kasih kepada Allah”. Menurut Dr. Quraish Shihab, kata “syukur” mengisyaratkan “Siapa yang merasa puas dengan yang sedikit, maka ia akan memperoleh banyak, lebat, dan subur.” Kata “syukur” dapat juga mengandung arti “gambaran dalam benak tentang nikmat dan menampakkannya ke permukaan.”

Kepada siapa kita bersyukur? Pada prinsipnya segala bentuk rasa syukur harus ditujukan kepada Allah SWT. Al Quran memerintahkan umat Islam untuk bersyukur setelah menyebut beberapa nikmat-Nya seperti difirmankan dalam QS. Al Baqarah : 152 “Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” Selanjutnya dalam QS. Luqman : 12 disebutkan “Dan sesungguhnya Kami telah menganugerahkan kepada Luqman hikmah, yaitu : Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk (manfaat) dirinya sendiri.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar